Tips Sewa Motor Bagi Para Backpaker Yang Akan Liburan ke Jogja

Jogja merupakan salah satu kota wisata dengan banyak keseruan di dalamnya. Terlebih bagi anda yang juga seorang backpaker, menjelajah tempat yang baru tentu sangat menantang sekaligus menyenangkan. Menjelajahi kota Gudeg sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara dimana salah satunya adalah dengan menyewa motor disana.

Dengan sewa motor Jogja, acara menjelajah tentu menjadi lebih seru. Anda dapat berkunjung ke tempat terpencil hingga yang sempit sekalipun. Selain itu, penyewaan motor juga lebih murah dibandingkan dengan sewa mobil. Dengan demikian, anda bisa lebih menghemat budget jalan-jalan anda.

Tips Sewa Motor di Jogja

Sebelum melakukan penyewaan, ada beberapa tips yang harus anda perhatikan seperti yang berikut ini.

1. Cek isi testimonial pelanggan

Tips sewa motor yang pertama adalah dengan mengamati isi testimoni dari para pelanggan. Melalui testimoni anda bisa mengetahui mana sekiranya agen penyewaan dengan kualitas baik dan mana yang sebaliknya.

Mengingat canggihnya era digital di masa kini, mencari agen penyewaan menjadi lebih mudah dilakukan. Tinggal anda ketik saja di mesin pencarian.

2. Lakukan pembookingan

Setelah memilih agen mana yang akan didatangi, anda bisa melakukan booking secepatnya. Proses booking sebaiknya dilakukan sebelum hari H. Selain menghindari sewa yang dadakan, booking sebelum hari H juga menghindarkan anda dari rasa kecewa akibat kondisi motor yang kurang bagus.

Sebelum melakukan booking biasanya si pemilik jasa akan memperlihatkan kondisi motor meski hanya via chatting. Dengan demikian, anda bisa menduga-duga mengenai kondisi motor melalui aplikasi chatting tersebut.

3. Cek kelayakan motor

Setibanya di lokasi penyewaan, anda bisa mengamati kondisi motor yang anda pilih. Amati secara teliti bagaimana kondisi rem, ban hingga lampu dari motor. Jika memang motor yang disewakan tidak layak pakai, ada baiknya anda membatalkan pemesanan atau cari jenis motor yang lain.

Sebagai seorang backpaker, motor mogok di tengah jalan tentu menjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Surat-surat berkendara

Hal paling penting yang tidak boleh anda tinggalkan saat berkendara adalah surat-surat pelengkap. STNK menjadi salah satu surat berkendara yang cukup sering terlupakan. Agen motor umumnya telah memberikan kunci beserta STNK secara bersamaan. Anda tinggal mengecek apakah pajak motor yang disewa masih berlaku atau sudah habis.

5. Kelengkapan saat berkendara

Sebelum berangkat, ada baiknya anda mengamati jarum bahan bakar pada motor sewaan. Jangan sampai anda kehabisan bakar bakar terlebih saat berkunjung di lokasi terpencil dimana bahan bakar jarang di temukan. Kecukupan bahan bakar membuat acara berkendara anda menjadi lebih menyenangkan tanpa harus berhenti di tengah jalan untuk pengisian.

Selain masalah bahan bakar, kelengkapan lain yang harus anda perhatikan adalah helm serta jas hujan. Umumnya pemilik motor telah memberikan helm serta jas hujan beserta motornya. Pastikan anda telah mendapatkan kelengkapan berkendara tersebut di awal perjalanan.

6. Taat dalam berlalu lintas

Taat berlalu lintas merupakan salah satu kunci keamanan saat berkendara. Dengan mematuhi rambu yang ada, anda bisa mengurangi tingkat kecelakaan ataupun hal yang tidak diinginkan.

Terlebih anda sedang berada di kota orang, bersikap baik dan sopan merupakan hal baik yang harus dilakukan.

Bagi anda yang ingin menyewa motor namun budget pas-pasan, anda tidak perlu khawatir mengingat ada banyak sekali sewa motor Jogja murah yang dapat ditemukan. Safe ride!